Sabtu, 09 April 2011

Masyarakat dan Budaya di negara Kanada

Perserikatan Bangsa-Bangsa secara rutin memasukkan Kanada sebagai salah satu negara dengan kualitas hidup terbaik, berdasarkan standar hidup, harapan hidup dan tingkat pendidikan penduduknya. Kecenderungan Kanada yang mengarah kepada keunggulan kreatif dalam hal kebudayaan bergantung pada penduduk yang beraneka bahasa dan latar belakang pendidikan.

Dengan penduduk lebih dari 32 juta, Kanada menyerap lebih dari 200.000 imigran setiap tahunnya. Kami memperoleh manfaat dari keanekaragaman latar belakang dan wawasan baru yang mereka miliki yang makin memperkaya budaya dan masyarakat kami.

Kanada memiliki dua bahasa resmi: Inggris dan Prancis. Undang-Undang Bahasa Resmi bertujuan untuk(halaman ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris atau Prancis):
memastikan bahwa Bahasa Inggris dan Prancis diakui sebagai bahasa resmi Kanada, dengan kesamaan kedudukan, hak, dan keistimewaan mengenai penggunaan kedua bahasa tersebut di lembaga-lembaga federal;
menetapkan kekuasaan, tugas dan fungsi lembaga-lembaga federal di bidang bahasa resmi;
mendukung pengembangan masyarakat minoritas penutur bahasa Inggris dan Prancis dan mendorong pengakuan penuh dan penggunaan Bahasa Inggris dan Prancis di masyarakat Kanada.

Sebagian besar warga penutur bahasa Prancis tinggal di provinsi Quebec, meski banyak juga masyarakat penutur bahasa Prancis di propinsi Ontario dan propinsi-propinsi Atlantik, terutama di New Brunswick.
Penduduk asli adalah mereka yang pertama kali tinggal di Kanada. Mereka mempunyai banyak kepercayaan spiritual dan tradisi budaya yang telah diwariskan secara turun temurun. Mereka ada di setiap wilayah negara Kanada.

Konstitusi 1982(halaman ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris atau Prancis) mengakui tiga golongan utama Penduduk Asli Kanada: Bangsa Pertama (dahulu disebut "Indian"); Orang Inuit (dahulu disebut Eskimo), yang merupakan kelompok-kelompok penduduk asli pertama di Kanada; dan kelompok Métis, yang muncul setelah periode kolonisasi Kanada .

Kanada lahir dari pertemuan antara penduduk asli dan penduduk yang berasal dari dua bangsa Eropa, yaitu Prancis dan Inggris. Kanada terus tumbuh seiring dengan terus mengalirnya gelombang imigran dari semua belahan dunia untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Penduduk etnis dan budaya Kanada menjadi semakin beragam dalam 40 tahun belakangan ini. Kanada menjadi negara pertama di dunia yang menerapkan kebijakan multikulturalisme pada tahun 1971.

Kanada mengakui dan menghargai keragaman rasial dan etnisnya yang kaya: lebih dari 200 kelompok etnis hidup bersama di Kanada; lebih dari 40 kebudayaan terwakili di dalam media etnis di Kanada; imigrasi menyumbang lebih dari 50 persen pertumbuhan penduduk Kanada.

Undang-Undang Multikulturalisme Kanada(halaman ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris atau Prancis) sangat mendorong peran serta penuh dan setara dari semua orang dalam masyarakat Kanada tanpa memedulikan latar belakangnya, mendorong interaksi antara individu dan masyarakat yang memiliki asal yang berbeda-beda.

Melalui multikulturalisme(halaman ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris atau Prancis), negara Kanada mengakui potensi semua orang Kanada, mendorong mereka untuk berintegrasi ke dalam masyarakat dan memainkan peran aktif dalam urusan sosial, ekonomi dan politik.

Selain sudah lama dikenal sebagai tempat dengan keindahan alamnya dan lingkungannya yang terbuka luas, Kanada juga terkenal sebagai pusat kreasi seni.

Keaslian seni Kanada berakar dari berbagai sumber: geografi Kanada, iklimnya dan keanekaragaman budaya etnisnya, dan sejarahnya. Dewasa ini, dalam sastra, tari, film layar lebar dan bentuk-bentuk ekspresi seni lainnya, seniman-seniman Kanada sangat digandrungi di berbagai peristiwa besar budaya dunia.
Film

Selama bertahun-tahun, Telefilm Canada(halaman ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris atau Prancis) telah membiayai lebih dari 600 film cerita, 1500 pertunjukan dan film seri TV. Dewan Film Nasional (halaman ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris atau Prancis), unit film terbesar milik pemerintah telah menghasilkan lebih dari 10.000 karya sejak tahun 1929, dan memenangkan hampir 3.000 penghargaan nasional dan internasional.

Atom Egoyan, Denys Arcand, David Cronenberg dan sutradara-sutradara lain telah membawa nama harum bagi industri perfilman Kanada, sementara para aktor seperti Mike Myers, Dan Ackroyd, Jim Carrey, Michael J. Fox, Marc Favreau, Colm Feore dan Roy Dupuis telah memperkenalkan Kanada yang berjulukan "Negeri Putih yang Besar di Utara" (The Great White North) kepada dunia. Sejak tahun 1975, Festival Film Internasional Toronto (halaman ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris atau Prancis), telah berkembang menjadi salah satu festival film terbesar yang terbukta untuk umum di dunia.
Musik

Para pemusik dan penyanyi seperti Diana Krall, Bryan Adams, Shania Twain, Roch Voisine, Nelly Furtado, Avril Lavigue, the Tragically Hip, Leonard Cohen dan Céline Dion terus menghibur penonton nasional dan internasional. Hampir setiap kota besar di Kanada mempunyai orkestra simfoni profesional.
Tari dan teater

Kanada mempunyai lebih dari sanggar tari profesional dan hampir 350 sanggar teater profesional. Balet Nasional Kanada mempunyai lebih dari 60 penari dan orkes simfoni lengkapnya sendiri. Sanggar teater dan tari seperti La La La Human Steps, Cirque du Soleil atau Ex Machina oleh Robert Lepage, dan seniman visual seperti Jeff Wall atau Ian Wallace membuktikan peran penting yang dimainkan Kanada di bidang seni dewasa ini. Toronto telah menjadi pusat seni pertunjukkan terbesar ke tiga di dunia, setelah New York dan London. Sanggar-sanggar teater lain telah tumbuh tersebar di seluruh negeri.
Buku

Dengan lebih dari 22.000 perpustakaan umum, bangsa Kanada adalah bangsa yang gemar membaca. Para penulis seperti Margaret Atwood, Alice Munro, Carol Shields, Michael Ondaajte, Pierre Burton, Robertson Davies, Yann Martel, Antonine Maillet dan Gabrielle Roy terkenal namanya di seluruh dunia.
Media

Kanada memiliki tradisi kuat dalam penyiaran pemerintah dan swasta, dan memperoleh manfaat dari stasiun-stasiun nasional, daerah, lokal, dan bahkan yang memiliki target konsumen tertentu, di dalam melayani kebutuhan penduduk yang multikultural dan multibahasa.

Siaran-siaran berita, televisi dan radio, majalah, jurnal dan surat kabar di Kanada termasuk dari beberapa yang paling dihormati di seluruh dunia.
Canada Broadcasting Corporation/Societé Radio Canada

Canadian Broadcasting Corporation (CBC), adalah stasiun pemerintah nasional Kanada yang terdiri dari:
empat jaringan radio nasional yang menyiarkan program informasi dan kepentingan umum serta program musik klasik dan budaya;
dua stasiun televisi berlangganan yang menyiarkan berita dan informasi 24 jam sehari, tujuh hari seminggu; dan
stasiun radio dan televisi untuk wilayah utara Kanada dalam Bahasa Inggris, Prancis dan delapan bahasa penduduk asli.
CBC juga menyediakan siaran radio gelombang pendek internasional, Radio Canada International, yang memancarkan siaran dalam tujuh bahasa.

Setelah menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas Montreal pada tahun 1976 dan Olimpiade musim dingin 1988 di Calgary, Kanada tengah mempersiapkan diri untuk sekali lagi menjadi tuan rumah dunia untuk Olimpiade musim dingin 2010 yang akan diselenggarakan di Vancouver dan Whistler, British of Columbia.

Daya tarik olah raga dan rekreasi Kanada menjanjikan wisatawan pengalaman yang unik dan menawarkan para penggemar kegiatan luar ruangan berbagai kegiatan sepanjang tahun.

Kanada memiliki sejarah olah raga yang kaya. Mulai dari liga kotamadya hingga pertandingan internasional, musim dingin hingga musim panas, Kanada telah memadukan olah raga ke dalam kegiatan nasional. Beberapa dari kegiatan olah raga yang populer yang diikuti oleh bangsa Kanada adalah golf, hoki es, baseball, renang, bola basket, bola voli, sepak bola, tenis, ski dan bersepeda.

Sport Canada mendukung tercapainya keunggulan performa yang tinggi dan pengembangan sistem keolahragaan di Kanada guna memperkuat kontribusi unik yang diberikan bidang olah raga terhadap jati diri, budaya dan masyarakat Kanada.

Komisi Olimpiade Kanada bertanggung jawab atas semua aspek keterlibatan Kanada dalam gerakan Olimpiade, termasuk peran serta Kanada dalam Olimpiade dan Pekan Olah Raga Pan Amerika, serta berbagai program yang mempromosikan gerakan Olimpiada di Kanada melalui cara-cara budaya dan pendidikan.

sumber: http://www.canadainternational.gc.ca/indonesia-indonesie/about-a_propos/culture.aspx?lang=ind

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar